KEPADA SELURUH SANTRI MAUPUN ALUMNI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH PEKANBARU-RIAU YANG KISAH-KISAH MENARIKNYA SELAMA DI PESANTREN/KEGIATAN-KEGIATAN LAIN DI LUAR PESANTREN (BAGI ALUMNI) YANG INGIN DITERBITKAN DI BLOG INI, HARAP MENGHUBUNGI ADMIN DIARY SANTRI (MAKMUR : 0852 6536 9405)

Sabtu, 23 Januari 2010

Biodata Ryan Gustian


Nama lengkap : Gue punya nama Ryan gustian. Bagi gue nama itu ngegambarin gue banget. Lo tau kenapa?, karna kebanyakan yang namanya ryan orangnya cakep kayak gue (narsis getho…). Asal muasal nama gue ne bermula saat ibu gue lagi ngandung, waktu tu ibu gue lagi hobi-hobinya nonton film barat. Maklumlah ibu-ibu gitu. Kalao ada tokoh filmnya yang disukai, pasti ntar anaknya dikasih nama itu juga. Nah, sekarang lo pada tau kan kenapa ibu gue ngasih nama gue ryan?. (yuppy!), lo betul. Itu karna ada actor barat yang namanya ryan yang lagi tenar-tenarnya. Itu baru ryan-nya, kalo gustian-nya tu gue kurang tau persis sih, tapi kalo nggak salah, gusti itu diambil dari bahasa jawa (walaupun gue bukan orang jawa), yang artinya orang yang dimuliakan. Terus an-nya sih rasanya nggak lengkap aja kalo Cuma ryan gusti, jadi ditambah deh jadi ryan gustian.

Nampang : Gue biasanya dipanggil Ryan, yan, jarang-jarang ada yang manggil gusti, palingan sama kenalan baru aja gue ngenalin diri dengan nama gusti. Ada satu ne yang lo kudu tau, gue paling nggak suka kalo ada orang yang manggil Ri, baik cowok maupun cewek, yang penting inyong nggak suka dipanggil dengan ntu, understand!!. Selain itu banyak juga dikalangan temen-temen karib gue yang manggil gue Bibir. Apalagi si Amri sama Max, mereka berdua tuh yang paling ganas cemeehnya ke gue, padahal bibir gue kan seksi, bener nggak sih? (max menjawab: Woi!, seksi dari mananya? Dari terowongan cassablanca kali. Eh satu lagi, coba deh sehari aja jangan mencibir orang terus, bisa nggak sih lo!?, ngerti nggak sih lo?!... dosa tau!!!, he he he…)

Tempat dan tanggal lahir : Kala itu, disaat adzan subuh hendak berkumandang, tangisan bayi memecah keheningan fajar. Seorang bayi yang nantinya dibeliin baju, dibayarin SPP kalo sekolah, dibuatin akte, minta uang ma bonyok, nyusahin bonyok… (loh kok jadi kayak gine…). Gue lahir jam 4 subuh. Hari selasa, 20 Agustus 1991. gue anak ke 2 dari 5 bersaudara. Wuiih, lo tau nggak?, kalo rame-rame bersaudara itu asyik loh. Apalagi ne, anak yang pertama sampe keempat cowok semua. Yang paling seru lagi ne, kami tuhsering banget berantem, dan yang paling berkesan tuh waktu gue berantem ma abang gue, tau nggak kenapa?, tangan ma kaki gue tuh sampe terkilir gitu, asyik kan?. Tapi itu dulu, sekarang kami udah pada akur dan bisa berfikir dewasa, saling berbagi, dan saling menyayangi. Abang gue punya nama Rika Harwanza. Tapi biasanya dipanggil erik. Sejarahnya, waktu dia TK banyak banget yang namanya rika, jadi guru TK-nya kasih nama itu karna kata guru Tk-nya itu abang gue tuh orangnya macho (sama kayak gue). Yang kedua gue, yang ketiga Agus tri putrawan. Adek gue yang satu ini juga sekolah di munawwarah ini. Diantara kakak beradik, nama agus ini termasuk yang unik, bukan dinama agus-nya, tapi di Tri putrawan-nya. Tau kenapa?, tri itu kan punya arti 3, dan dia memang anak ketiga, putrawan, karna dia emang putranya Wan (nama panggilan bokap gue), gimana?, asyik nggak?. Yang keempat punya nama Fakhrul rozi, diambil dari nama qori nasional asal banten. And yang kelima ne, ia adalah permata buat hati gue, penyejuk disaat hati gue bete n sedih. Yang imut Badriyah annisa. Namanya badriyah karna waktu itu nyokap gue mimpi purnama masuk kerumah gue. Makanya dikasih nama badriyah yang punya arti purnama, dan annisa karna Cuma dia wanita yang bisa nemanin nyokap di rumah. Kata nyokap gue ne ya, kami berlima diibaratkan sebuah meja dengan empat kaki, yang mana keempat kaki nya adalah kami berempat dan annisa adalah bunga yang terletak diatas meja menjadi sebuah pelengkap.

Nama bonyok : Erdiwan adalah nama ayah saya. Saya kurang tau pasti kenapa ayah diberi nama itu oleh kakek. Yang pasti sosok ayah adalah inspirator terbaik dalam hidup saya. I love you dad…, terus Ibu, ah, sebernernya saya agak ganjel bilang ibu, karna dalam keseharian saya biasa manggil Omak. Omak adalah orang yang tak pernah tergantikan posisinya di hati saya (lho, kok bahasanya jadi formal gene?), eits, hamper lupa, nama omak saya adalah Harnela yuana.

Alamat rumah : Istana gue berada didalam gang (lucu nggak?) tepatnya gang pelajar 7, di jalan pelajar. Ah, kalau kayak gitu ntar sulit sampe kerumah gue, gene ja deh… kalo kamu-kamu mau maen kerumah, pas tiba di Perawang city, cari aja Jl. Arif rahman hakim yang paling akrab ditelinga. Nama jalan itu disebut jalan SMA. Terus masuk kedalam sampe ketemu bangunan SDN 005, nah disaping SD itu ada jalan yang namanya jalan pelajar. Setelah masuk nggak jauh ada gang pelajar 7, kamu masuk terus lihat ada warung, nah tu warung gue, jadi itu juga rumah gue. Kalo kamu masih sulit nemuinnya cari aja Yetti, ntar suruh aja dia nganter kamu kerumah gue, he he he, sory Yet!!!

Inspirator / Motivator : My best are my parents, kemudian my prophet Muhammad SAW. Truz KH. Abdullah gymnastiar, karna dia adalah pengusaha dan pendai ulung yang pernah ada di Indonesia and the Mario teguh, the best inspirator too. Kalu di pondok gue punya dua inspirator, yakni ust. Abdul ghafur and ust. Edi sutan pasaribu.

Mata pelajaran favorit : Kalo pondok gue suka banget ma pelajaran Fiqih and Akhlaq, bukan karna gurunya loh, tapi emang gue suka sama tuh pelajaran. Kalo umumnya, gue suka bahasa Indonesia, sosiologi, biologi (walaupun nggak dipelajari karna jurusan IPS) and bahasa arab, banyak banget ya? (ntah belajar ntah nggak)

Hoby : Gue punya hoby membaca buku, buku apa aja… baca puisi, cerpen, terus jalan-jalan / traveling, nonton and ngejailin orang.

Cita-cita : Kalo ngomongin cita-cita, cita-cita gue tuh banyak banget. Mulai dulu jadi guru, polisi, ustadz, dokter, psikiater dll. O ya, ada satu lagi, sastrawan. Ada lagi, hacker. Kalo sastrawan gue pengen gantiin Sutardji calzoum bachri sebagai presiden penyair Indonesia. Tapi yang paling penting, lo liat aja gimana jadinya gue besok. And satu lagi, kalo kamu-kamu pengen minta ttd gue, baeknya dari sekarang deh, ntar kalo 5 tahun kedepan kalian sulit untuk minta ttd gue, he he he…

Olahraga favorit : Gue sukanya olahraga badminton, climbing (karna gue hobi manjat-manjat gitu [max menjawab: Monyet lo!!!] ). Kalo nonton olahraga, gue suka nonton badminton, bola kaki, and GP. O ya, gue juga suka balap motor. Pengalaman yang kurang mengenakkan ne, gue pernah jatuh saat kebut-kebut getho di jalan, gue nabrak kucing fren, tapa pas gue dah jatuh, gue gak nemuin lagi tuh kucing (setan kali yang lu tabrak,hihihihi)

Musik / band or solo favorit : Gue suka musik yang beraliran Pop, Pop rock, Rock, Rap, Jazz and Accapella. Kalo penyanyi or musisinya, gue fans beratnya peterpan, d’masiv, seventeen, kerispatih, RAN, Steven & coconut treez. Yang solonya, Tompi ma glenn fredly. Nah, kalo yang manca nih, gue suka ma Linkin park, Green day, Boys like Girl (BLG)

Makanan favorit : Kalo ngomongin makanan, gue jadi laper nih, abisnya gue termasuk yang hobi wisata kuliner, semuanya rata-rata dah pernah gue coba, mulai dari yang berkelas ampe yang biasa. Tapi selera gue masih selera nusantara kok, gue masih suka ma tempe pedoan, kalo lauknya yang gue doyan banget tuh Ikan, terserah maunya diapain. Pokoknya ikan.

Minuman favorit : Jus alpukat, teh, cappuccino, and true coffee, mereka-mereka adalah my favorit drink.

Ukuran baju : Kalo kamu-kamu mao beliin gue baju, cari aja yang ukuran M / S, pasti cocok. Beliin yang banyak ya?
Ukuran celana : -
Ukuran sepatu/sandal: Ukurannya 40-41, nggak lebih nggak kurang. Tapi law beliinnya 5 tahun kedepan, beli yang 41-42 ja, kan gue masih dalam tahap pertumbuhan, he he he...
Warna favorit : Rata-rata semua warna gue suka, tapi dominannya hitam, putih, biru, tapi diantara tiga itu, gue lebih suka hitam. Black is cool and dangerous.

Tongkrongan favorit : Di pondok gue suka nongkrong di asrama and disamping kamar mandi. Kalo diluar pondok gue suka di gramedia and MTQ, di gedung AKMR (Akademi Kesenian Melayu Riau)

Motto hidup :
• Hidup hanya sementara, maka maknailah hidupmu!
• Andaikata tujuan sudah ditetapkan, sepelan apapun kita bergerak, insyaallah merupakan satu kemajuan. Tapi, bagi orang yang tujuannya tidak tetap, segigih apapun bergerak, bisa jadi menuju kehancuran.

Kesan/kenangan selama di pondok
Kesan gue selama di pondok. Ada yang manis, ada pula yang pahit (+ : mang jamu ya mas?. – : ya gitu deh ). Namanya juga kehidupan, palagi gue ngabisin masa-masa remaja gue di pesantren. Dimana kita dituntut untuk selaras dalam belajar dan beramal. Masa remaja gue adalah masa suram dan terang. Dan saat gue lagi semangat-semangatnya, apa pun yang gue hadapin pasti dengan semangat. Ada juga waktu gue lagi bete, sebel, bosan, maka gue males juga bergerak, males belajar, bahkan tuk berfikir pun gue males.
a. Pengalaman paling asyik
Pengalaman yang paling asyik yang pernah gue alamai adalah saat-saat gue bisa tertawa, bahagia, seneng-seneng ma temen-temen. Saat-saat itu adalah saat yang tak terlupakan dalam hidup gue. Bagi gue, masa itu gue lupa dan nggak sadar kalo gue berada di pesantren, semua gue jalani dengan happy dan santai. Dan yang paling asyik juga nih, saat gue ma Max ngincer cewe-cewe buat dijadiin pacar atau sekedar buat adik angkat doing, kebayang nggak sih?... kami cerita-cerita or curhat mpe tengah malem gitu, tapi mpe sekarang nggak ada yang dapet tuh incarannya (Ryan: ya ialah nggak dapet, umpannya aja cuman cacing. Max: eits enak aja, masak punya gue lo bilang cacing?, ular tau!).
b. Pengalaman paling ngebete'in
Gue paling bete waktu gue lagi sendiri, nggak ada kegiatan, melongo, and saat gue diceramahin ma ustadz-ustadz (maaf ya ustadz?), bukannya nggak suka ma ustadz, tapi yang jadi masalah, ceramahnya tuh nggak bervariasi dan kesannya kurang berbobot, yang diceramahin Cuma itu-itu mulu.
c. Hal-hal yang paling disukai di pondok
Semua yang gue jalanin bareng teman2 disini adalah hal yang plaing gue sukai di pondok pesantren ini. Walaupun mereka terkadang punya kebiasaan suka mencemeeh setiap orang yang lewat.(haghag)
O ya, gue juga suka lo ma lagunya film Naruto yang judulnya Harukakanata. Tapi gue nggak suka ma filmnya. Kalo lo juga udah denger, lo pasti jadi suka deh.
d. Hal-hal yang paling dibenci di pondok
Yang paling gue benci di pondok adalah orang-orang/oknum yang menghalangi bakat and kreativitas santri. Itu aja kali.
e. Pengalaman organisasi
Gue kalo di organisasi nggak 100% aktif, paling Cuma berapa persennya aja. Mulai masuk organisasi sejak kelas 4, saat itu gue jadi anggota seksi ibadah, tapi pas kelas lima gue migrant ke seksi tarbiyah, keterusan deh di seksi tarbiyah terus. Kalo di OSIS juga gue jadi seksi tarbiyah mulu (nggak ada yang lain apa?)
f. Prestasi
Prestasi ???, lumayan lah. Kalo belajar, mesti gue nggak pernah loncat ke ranking, setidaknya gue puas nongol di juara 2 and pernah juga sekali-kali nangkring di juara 3 and seterusnya kebawah. Kalo dibidang kreatifitas, palingan Cuma dibidang agama, ex; cerdas cermat, pidato, seni qiro’ah dll. And satu lagi bidang sastra. Lo tau nggak pengalaman yang paling seru gue waktu ikut lomba sastra gitu?, saat itu kami lagi ujian, o ya, kami-nya gue ma Max (maklum, punya hobi yang sama). Jadi saat itu gue izin ke kepsek untuk nggak ikut 1 mata ujian, tapi nggak bisa. Ya udah, kami ikut juga ujian. Pulang ujiannya nih, kami langsung cau dari pondok and then menuju MTQ Bandar serai Di kantor DKR (Dewan kesenian Riau). Lo tau nggak kita ikut lomba apa?. Saat itu adalah bulannya Sutardji sang presiden penyair Indonesia, jadi sebagai apresiasinya ia ngadain lomba baca cerpen, nah, kami ikut didalamnya. Jadi waktu lomba pun tiba, seluruh utusan dari berbagai SMA di Pekanbaru menunjukkan kebolehannya. Nah, saat Max maju pun tiba, gue pengen ketawa saat dia baca cerpen. Abis suaranya pelan banget (max menjawab : woi, namanya baru pertama kali ikut lomba kayak gituan, gimana nggak grogi juga?, resek lo yan).
Nah, sob, gue nggak nyangka banget kalo gue akhirnya dapet kenalan anak theater and jago baca cerpen. Saat itu dia dapet undian terakhir, and saat dia baca cerpen, terang aja, semuanya pada tepuk tangan rame banget, semuanya pada terkesima ma dia. Sorenya gue ditinggal ma Max, Max langsung pergi ke pondok karna ada masalah, tapi dia janji bakal dating malamnya di Hotel Sahid buat ngambil hadiah juara (cie… udah yakin juara nich). Jam 17.00 pun tiba, gue bingung mesti kemana dulu, langsung ke hotel atau tetap di MTQ dulu, untungnya nih, saat itu kenalan gue nawarin mandi and nginap bentar di wisma bengkalis, wuih, waktu itu gue seneng banget. Malam nya gue dianter ke hotel pake Honda jazz warna hitam.
Max yang dari tadi gue tungguin, nggak juga kelihatan batang hidungnya, jangankan batang hidungnya, silau kacamatanya aja nggak kelihatan, ternyata dia bener-bener nggak dateng. Gue sempet bingung and linglung sih, soalnya ntar gue mau pulang ma sapa, tapi semuanya gue bawa santai dulu and nikmatin acara demi acara, sampai pada saatnya presiden penyair, Sutardji baca puisi, semua penonton saat itu terpukau, termasuk gue yang sampe merinding pas dia baca puisi. Akhirnya sampai ke acara pembagian hadiah, eh, ternyata gue ma Max nggak menang, tapi kenalan gue itu yang menang dapet juara 1, gue ikut bangga juga dong. Gimana nggak bangga, semua kamera waktu itu nyorot kami, kan gue duduk disebelahnya.
Pas pulangnya gue menderita banget, namun untungnya (memang orang Indonesia selalu untung) dia rela nganterin gue ampe pondok, padahal waktu itu dah jam 12 malem. (wuih, leganya…, maksudnya bukan karna udah sampe ke pondok,tapi karna ceritanya udah selesai, huh, kayak bikin cerpen aja ya?)
g. Harapan buat pondok kedepannya
Gue pengen pondok kita dibangun lagi sarana-sarananya agar santri tidak bosan and jenuh berada di pondok and jangan sampe pelajaran kitab kuning hilang dari pondok karna itu adalah khas ponpes Al-munawwarah.

Pesan-pesan terakhir
a. Untuk diri sendiri
Ryan… kalo seandainya lo besok mati, jadikanlah orang merasa kehilangan kebaikan lo, jasa lo… buatlah semasa hidup lo berarti buat orang-orang di sekeliling lo, ingat itu Ryan !!!.
b. Untuk adik kelas / regenerasi
Belajar kemudian kembangkan kreatifitas lo, setiap orang pasti punya kemampuan atau bakat terpendam. And satu lagi, buat orang lain tersenyum karna lo, terutama ortu lo…
c. Untuk umat Islam se-Dunia
Jadilah muslim yang baik “Be a true molem”. Dan jangan ragu katakan pada dunia “saya adalah seorang muslim”

Kontak person : Hp : 083186200154 & 0852
E-mail - FB : Pelamunsiak@yahoo.co.id

BACA JUGA YANG INI.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Comment Here !